PENEMU ANTARTIKA DAN PETA DUNIA

Benua Antartika, suatu tempat yang tidak asing ditelinga kita. Antartika berada di ujung bumi yang berbentuk bola dan senantiasa diselimuti oleh putihnya salju yang dinginnya mencapai bawah nol derajat. Sebuah daratan yang berfungsi untuk menyeimbangan suhu di bumi ini tidak begitu saja dikenal oleh semua orang di dunia.
Namun yang menjadi suatu pertanyaan bagi kita semua adalah siapa sebenarnya orang yang menemukan benua Antartika dan sekaligus memetakannya. Bahkan ternyata tidak hanya memetakan jalur dan benua Antartika saja, tetapi juga membuat peta dunia.
Ialah Piri Reis seorang Laksamana Muslim yang lahir 1465 M di kota Gallipoli, Turki yang berhasil membuat peta dunia yang kemudian karyanya itu sampai saat ini tersimpan rapi di Museum Topkapi Konstantinopel.
Riwayat hidupnya, Piri Reis menekuni dunia pelayaran sejak masih umur 12 tahun bersama dengan pamannya yang bernama Kemal Reis. Piri Reis juga pernah ikut dalam pertempuran melawan Venesia pada tahun 1494 M. Dengan kecerdasan dan pengalaman yang dimilikinya, Piri Reis mampu membuat dunia tercengang dengan dengan peta dunia yang dibuatnya pada tahun 1513 M.
Para ilmuan barat terkagum-kagum ketika menemukan catatan dan peta dunia yang dibuat oleh Piri Reis. Termasuk saat melihat outline dari pantai Amerika Utara dan Amerika Selatan serta jalur Antartika yang oleh ilmuan barat diklaim baru ditemukan setelah 1818 M.

No comments: